Thursday, January 26, 2012

Grafologi

Grafologi adalah teknik menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan menganalisis lewat tulisan tangan, salah satunya adalah tanda tangan. Prof Dr John Nimpoeno, psikolog dan pakar grafologi di kampus Pasca Sarjana Universitas Parahyangan Bandung, menyatakan bahwa tanda tangan memiliki unsur yang dapat menunjukkan sifat atau karakter seseorang namun tidak selengkap grafologi. Grafologi dapat menunjukkan bagaimana sifat seseorang misal akankah sukses atau gagal, namun tanda tangan tidak memiliki sifat keterangan yang lengkap untuk mengetahui sampai sedetail itu.
Berdasarkan grafologi, gerakan menulis jelas ada hubungannya dengan kondisi psikofisik seseorang. Pikiran, emosi sesaat bisa muncul dalam tulisan tangan yang bisa dikenali juga sebagai tulisan otak (brain writing). Otak memberi arahan pada tindakan menulis karena sebenarnya kita dapat saja menulis dengan kaki, gigi maupun anggota tubuh yang lain. Otak memiliki peran yang sangat besar, sedangkan tangan merupakan salah satu medianya. Namun tak jarang hasil analisis grafologi lebih dipengaruhi oleh perasaan si penganalisis.

Beberapa ilmu grafonologi dilihat dari tanda tangan Tanda tangan yang terputus-putus menunjukkan perjalanan hidup yang tidak lancar karena tidak membuat perencanaan yang matang sehingga berimbas pada kegagalan. Lain halnya dengan yang memiliki tanda tangan melingkar yang diartikan dengan pribadi yang gampang putus asa dan mengeluh. Tipe ini suka memanipulasi diri akibat tidak percaya akan kemampuannya yang kadang sampai tahap mengada-ada atau berbohong. Tanda tangan yang biasa diletakkan diatas garis yang disediakan, anda memilki rasa hormat terhadap diri anda sendiri dan juga pihak yang berkuasa. Tanda tangan yang hanya sedikit lebih tinggi dari garis menandakan kegembiraan yang anda rasakan saat menandatangani dokumen tersebut. Sementara jika tanda tangan berada di bawah garis menandakan kemurungan pada diri anda. Tanda tangan yang naik menampilkan rasa percaya diri yang tinggi, demikian sebaliknya. Tanda tangan yang terlalu ke kiri menunjukkan rasa takut baik terhadap orang lain atau kegagalan. Namun jika terlalu ke kanan diartikan kurang perhatian dan tidak mampu mengawal emosi.

Tanda tangan yang lebih kecil dibandingkan teks tulisan mengungkapkan keinginan untuk menyendiri, menyibukkan diri dengan pekerjaan yang rumit dan terperinci. Sebaliknya tanda tangan yang besar menunjukkan maksud untuk menonjolkan diri. Bila hurufnya besar dan rata akan melambangkan kesombongan. Sementara huruf dengan ukuran yang kecil, mampat dan pendek menunjukkan rasa rendah hati. Tulisan yang sama dan konsisten menunjukkan tenaga yang amat tinggi. Nama keluarga pada tanda tangan juga dapat dilihat sifatnya. Jika nama keluarga lebih rendah dari nama depan menunjukkan sifat pemurung. Tanda tangan dengan penulisan dari dasar yang kemudian naik dan seolah-olah bersambung dengan huruf pertama menunjukkan seseorang yang menyimpan marah, geram, dendam dan kekecewaan yang tinggi. Tanda tangan yang memiliki garisan dibawahnya menunjukkan keyakinan atas apa yang dikerjakan serta personaliti yang hebat. Namun jeleknya anda agak mementingkan diri sendiri, anda percaya bahwa kehidupan dalam hidup sangat perlu. Bagi anda yang memilki dua titik di bawah tanda tangan anda menjelaskan sifat anda yang romantis. Anda tergolong buaya darat yang mudah bertukar pasangan, lebih mementingkan penampilan dalam memilih pasangan. Walau begitu anda begitu mudah menarik perhatian.

Sementara tanda tangan dengan satu titik dibawahnya menunjukkan sifat easy going yang tenang dimana semua mudah. Walau begitu anda sangat mudah hilang kepercayaan jika dikhianati. Lain halnya dengan yang tidak ada titik maupun garis, anda termasuk orang yang sanagat terbuka. Anda bersifat sesuka hati dan kurang memeperhatikan pendapat orang lain. Anda yang menggunakan bukan nama anda sebagai tanda tangan menunjukkan sifat anda yang berusaha untuk selalu tampil smart. Tidak peduli dnegan apa yang dikatakan orang, anda percaya diri dengan kemampuan anda. Sementara tanda tangan berkaitan dnegan nama menunjukkan anda cerdik namun kurang mau berpikir serta cepat menukar pendapat dan ide anda. Ada pula tanda tangan dengan huruf satu-satu yang terpisah yang memberikan gambaran prihatin, tidak mementingkan diri sendiri. Tipe orang yang rela berkorban apa saja untuk orang lain serta pemiki yang baik hati. Tanda tangan sesuai dengan ejaan nama anda dengan huruf yang jelas memberikan gambaran yang jelas sifat anda yang baik, dapat menyesuaikan diri terhadap siapa dan bagaimanan urusan anda. Anda bersifat tegas terhadap pendapat serta memiliki semangat yang tinggi.

No comments:

Post a Comment

any comment?