Friday, May 4, 2012

Buang Sampah Sembarangan itu Kebiasaan

Dari sekian hal yang aku benci salah satunya adalah buang sampah sembarangan. Kadang kita menganggap bahwa buang sampah sembarangan itu satu hal yang sepele banget. Lagi iseng jalan-jalan misal, terus pengen permen. Yah bungkus permen mah segede apa sih, beeeerrrrr buang aja gitu di jalan.

Kalau orang yang berpikir seperti itu cuma satu dua orang mah nggak masalah, langsung ketahuan juga. Tapi kalau ini udah jadi pemikiran luas yang biasa aja, beuh nggak kebayang berapa banyak tuh sampah yang numpuk. Misal nih di suatu sekolah ada muridnya seribu orang dan semua orang buang bungkus permen (yang paling sederhana aja) sembarangan, satu sekolah bisa jadi udah penuh dengan sampah bertebaran dimana-mana.

Disini pentingnya membiasakan diri untuk tidak buang sampah sembarangan. Kalau sekedar bungkus permen atau puntung rokok, tahan lah itu di tangan beberapa saat sampai ketemu tempat sampah. Kalau jaman dulu mungkin agak susah nemuin tempat sampah, tapi sekarang udah lumayan banyak kog tong-tong berjejer di pinggir jalan.


Terserah mau dibilang jorok atau apa, aku biasa taruh sampah kering misal bungkus snack atau tisu gitu di tas atau kadang saku. Kalau ngerasa jijik, saran dari temen aku nih, bawa aja tas kresek kecil yang bisa buat naruh sampah itu dulu. Yaelah misal itu tisu juga itu bekas-bekas kamu juga kan, jangan sok-sokan jijik deh. Kalau udah ketemu tong sampah, baru deh dibuang.

Nah kalau kita nemu sampah di jalan  gimana dunk? Yah aku juga belum sampai tahap mau bersihin sampah yang tercecer di jalan, masih kadang-kadang aja. Tapi sering juga (yang ini agak kasar ya kayaknya) aku tendang-tendang botol atau apapun itu sampai ke tong sampah. Aku nggak bilang sering ya, tapi kadang-kadang. Aku salut ma orang yang sampai mau mungut tuh sampah terus taruh ke tong sampah (sadar diri, belum terbiasa).

 Segala sesuatu itu memang harus dibiasakan, tapi yang paling penting adalah membuat suatu hal itu ter-mindset dalam diri kita. Yang paling baik untuk menanamkan mindset itu adalah waktu masih kecil, jadi bener-bener nyerep tuh di otak. Tapi kalau kalian udah pada gede yang paling baik untuk itu adalah sekarang. Yah jangan sampai kamu menyesal dengan kebiasaan kamu yang nggak bagus itu. Jangan lupa juga buat ingetin orang-orang, misal di angkot atau sekolah gitu, buat nahan sampah dulu sebelum dibuang. Anggep aja sampah itu kayak kamu lagi kebelet boker, nggak mungkin dunk kamu boker disembarang tempat.  

Keep the world clean,

No comments:

Post a Comment

any comment?