Sunday, July 29, 2012

Dari Blog Aku Berbagi

Guru memang bukan profesi yang saya inginkan. Mengapa? Karena saya tahu kemampuan saya untuk berbagi dengan mengajar sangatlah minim, atau bahkan dapat dikatakan saya tidak memiliki kemampuan itu. Saya anak satu-satunya, saya tidak terbiasa mengajarkan pelajaran ke adik atau teman. Yah itu kelemahan saya berhubungan dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Guru merupakan suatu profesi yang mulai, memberikan pengajaran dan pendidikan. Yang paling bisa dilihat menjadi guru merupakan salah satu bentuk sedekah untuk berbagi tentang apa yang diketahuinya kepada banyak orang. Saya juga ingin berbagi dengan banyak orang, namun memang tidak dengan menjadi salah satu guru.


Saya tertarik dengan dunia tulis menulis. Sejak SMA saya ikut dalam organisasi jurnalistik. Setidaknya ini memberikan saya kesempatan untuk dapat berbagi kepada orang lain. Dan beberapa tahun ini saya memiliki cara tersendiri untuk dapat berbagi, blogging. Yah metode ini yang akhirnya saya pilih untuk dapat berbagi apa yang saya ketahui.

Pengunjung blog ini memang masih sedikit, yah saya akui karena jumlah tulisan yangg saya posting juga masih terbatas. Namun saya memiliki kepuasan tersendiri ketika jumlah statistik pengunjung blog ini masih selalu ada meskipun tidak banyak. Beberapa komen juga positif untuk blog ini. Saya pernah memposting bagaimana kesan saya terhadap blog saya ini (baca disini).

Saya sering memposting artikel tentang pangan, sesuai dengan jurusan yang saya ambil. Yah isinya memang hanya laporan atau sekedar tugas kuliah. Namun bersyukur ternyata banyak yang membaca dan mengambilnya menjadi sumber. Setidaknya adik kelas saya pernah ngetweet bahwa ia sering menggunakan blog ini sebagai daftar pustaka. Sebenanrya memang blog tidak boleh dijadikan sebagai sumber acuan. Beruntung masih banyak yang memakai dan menggunakan tulisan dari blog ini bahkan untuk skripsi.


Ngomongin keisengan saya untuk googling nama saya, saya menemukan ranking web saya di http://www.webstatschecker.com (semacam pagerank). Pagerank saya bahkan masih 0, yah sesuatu sekali karena saya sendiri tidak mengerti tentang SEO atau apapun itu dan hanya sekedar menulis saja di blog. Namun melihat kompetitor saya yang memiliki posting mirip jujur saya terkejut. Web-web kompetitor saya adalah web-web hebat yang juga sering menjadi referensi saya. Bahkan saya masih berada di atas Food Review, sebuah majalah tentang pangan yang dipimpin oleh salah satu dosen saya.

Mengetahui bahwa ternyata banyak yang mengakses tulisan saya terutama mengenai pangan memberikan suatu motivasi yang besar bagi saya untuk terus menulis. Berbagi atas ilmu yang saya tahu kepada banyak orang. Yah blog ini menjadi pembelajaran untuk saya sendiri untuk berbagi dan semoga menjadi salah satu referensi untuk orang lain. Setidaknya saya mendapatkan kepuasan batin untuk dapat terus menulis. Menyadari tulisan saya masih terbatas dalam jumlah tulisan maupun topik, saya ingin makin sering menulis. Terus berbagi.

No comments:

Post a Comment

any comment?