Thursday, January 10, 2013

Alkisah Abis Instal Ulang

Yuhuuuu, udah lama nggak curhat di blog. Hohoho, biasanya posting lirik lagu ma iseng-iseng ikutan lomba nih. Oke berhubung aku lagi merayakan kembalinya laptop kecil aku ini , huhuhu terharu. Aku mau cerita. First of all, maaf bahasanya lagi kacau.


Lagi buka apaan tuh?
Aku punya laptop ini (HP Mini) udah dua tahun. Yah bentar lagi mau ulang tahun nih, tanggal 20 Januari (jangan lupa kadonya ya). Dengan pilihan warna hitam, merah, putih dan biru akhirnya aku memutuskan untuk memilih warna putih. Kenapa? Karena kalo item kayaknya banyak yang pake, merah aku nggak suka. Aku suka warna biru tapi nggak deh kalo biru donker. Jadilah putih yang terpilih. Sampai sekarang belum aku namai, tapi biasa manggilnya si putih. Pengen sih namain capuholic juga, tapi gimana gitu. Hohohoho

Selama dua tahun ini laptop aku termasuk tahan banting dan tahan segalagala deh. 

Beberapa bulan setelah beli, dia pernah ketimpa badanku yang lagi rebahan dibantal yang kutumpuk-tumpuk dan ternyata dibawahnya ada lepiku. Kerasa banget dunk deg-degannya baru dibeliin laptop ma ortu terus kalo rusak musti ngomong apa coba. Tapi alhamdulillah aku ngeblegnya nggak pake tenaga, walaupun ngelihat badan aku pasti udah bener-bener bikin nyeseg.

Beberapa hari yang lalu juga sempet kejadian nih monitor bener-bener plek sama lantai. Aku ingetnya lagi tiduran di lantai bareng buku berserakan dan lepi aku. Tapi yang namanya ketiduran saking capeknya ya tidurlah intinya mah. Kebangun jam empat pas alarm bunyi. Awalnya nggak ngeh kupikir yah buku berserakan dimana-mana. Tapi inget bukannya aku juga tidur bareng lepi, langsung deh melek. Dan lepi saya sudah terbentang 180 derajat, plek. Agak deg-degan karena punya temen dulu nggak nyala lagi gara-gara kecelakan seperti itu. Tapi alhamdulillah masih rejeki aja.
Nah kalo kecelakaan nonfisiknya udah bener-bener parah banget dah. Yang pasti kalo inget ceritaku dulu (baca disini) kayaknya lagi-lagi musti alhamdulillah banget. 

Dan yang namanya barang apapun entah dipakai atau enggak pasti ada istilah penyusutan. Dimulai dari baterai aku yang sudah tidak begitu oke, sering ujug-ujug mati. Lebih-lebih kadang kena blue screen. Sempet juga mengalami pad aku yang nggak bisa buat gerak-gerak atau ngeklik. Beuh tapi keajaiban entah dari mana, beberapa bulan yang lalu ujug-ujug bisa nyala (berasa dapet lepi baru).

Terus pernah juga kesalahan aku waktu iseng pengen edit pdf file. Karena biasa pake adobe, terus aku minta foxit. Aku buka foxit.exe dengan open with terus choose default program aku ubah ke adobe. Beuh iya aja semua .exe aku jadi kebuka di adobe. Nggak rela instal ulang, yang pertama kulakukan adalah nebeng ngenet di laptop Arin buat nyari solusi. Dapetlah exefix yang bisa mengembalikan exe kepada fungsi semula. Alhamdulillah lagi.

Si Putih dan Laptopnya Arin
Nah beberapa hari yang lalu tepatnya hari Minggu sore aku instal entah aplikasi apa lah itu. Langsung deh mati. Ku pikir blue screen biasa aja. Tapi pas booting pasti masuk ke option repair. Duh udah gitu nggak bisa di repair juga. Nyoba pake restore tapi dasar akunya nggak pernah backup jadi ya nggak bisa. Pake command prompt, ebuset apaan dah (aku masih mending diajak ngomongin web designer dah). Aku lupa deh tepatnya, tapi ada opsi image repair gitu. Nah ternyata disitu lumayan bisa buka windows explorer dan ajaibnya bisa mindah-mindahin file. Sampai hari senin berusaha mencari cara mereparasi via ngenet lagi-lagi di laptopnya arin. Hirens Boot CD, Windows/system32/en-us/erofflps.txt, dan segala file yang lain. Secara lagi kanker jadi berharap nggak instal ulang. Nyoba CD dari IPB di lagi-lagi laptopnya Arin, dan malah bikin laptop dia ngeden.

Ya sudah, karena hari Senin lemes buat kemana-mana plus ujan seharian. Akhirnya Selasa baru sempet-sempetin ke kampus. Master tutup, oke ke Dokter. Hmmmm, ditangani mas-masnya. "Udah instal ulang aja Mbak". Brug, "Opsi lain Mas?" Wah kayaknya itu windowsnya yang kena deh."

Oke deh. Si Putih bisa bertahan dua tahun tanpa instal ulang padahal sudah mengalami banyak kesulitan, hmmm mungkin memang sudah saatnya. Agak deg-degan sih meninggalkan si putih ke tangan mas-masnya, tapi ya kurelakan saja deh. "Yang ilang paling C aja kan Mas?" terus dijawab "Ntar coba diselamatkan." Baiklah kupercayakan.

Stay healty Putih..... TT
Dan hari ini, padahal sudah bisa diambil kemaren sore tapi males. Aku ke kampus. Menjemput si putih. Hukshuks, dia selamat. Data-data amanlah, walaupun huhuhuhuhu. Musti instal torrent lagi, artinya torrent-torrent yang dulu udah nggak bisa seeding lagi. Padahal aku ingin berbagi file drama dan movie aku. Huhuhu, yang paling kerasa adalah soliter ma spider soliter aku jadi ilang. Kya mas kog nggak ngasih aku itu sih. Huhuhuhu, itu game saya selama mengerjakan tugas akhir cos kalo buka game frenzy atau gamehouse pasti jadi nggak ngerjain.

Big thanks buat mas-mas Dokter Computer yang udah instal ulang dan melayani pertanyaanku dengan baik. Huhuhu, kapan-kapan maen lagi deh mas. Wkwkwkkw, mulai deh ganjen ngegodain abang-abang.

Oke si putih sudah kembali, dadadada. Mau sibuk lagi. Tapi masih pengen posting, huhuhu tunggu postingan berikutnya ya.

No comments:

Post a Comment

any comment?