Monday, October 19, 2009

Lonely Ramadhan

Tak terasa telah memasuki bulan ramadhan tahun ini. Buat saya, ini adalah ramadhan ketiga saya di kampus.

Hari pertama puasa mungkin belum banyak orang dalam hal ini mahasiswa yang berada di kampus. Maklum masih dalam rangka liburan. Andai rumah saya mungkin di sekitar jabodetabek, mungkin saya juga akan memutuskan untuk menjalankan puasa hari petama di rumah.

Dengan suasana sekitar kampus yang masih sepi, saya pikir mushola di dekat kosan saya tidak akan terlalu penuh. Saya memang memutuskan untuk tidak sholat tarawih berjamaah di hari pertama karena saya tahu akan penuh. Teman kosan saya yang baru berangkat ke mushola juga balik ke kosan untuk mengambil koran dengan alasan mushola overload. Saya makin tidak berniat untuk ke mushola.

Yang paling mencengangkan untuk saya adalah suasana di sekitar kosan saya saat sholat tarawih. Sepi bukan main. Toko banyak yang tutup. bisa dibilang yang buka dapat dihitung dengan jari tangan. Bahkan penjaga minimarket pun malah keluar dan main-main di tempat tukang jualan bubur ayam karena tidak ada pelanggan.

Saya pikir inilah efek bulan ramadhan. Semua orang berbondong-bondong untuk mencari pahala. Berkiblat untuk mencari ridho Allah. Dan sejenak melupakan kepentingan duniawi mereka.

No comments:

Post a Comment

any comment?