Thursday, January 17, 2013

Kegagalan Saat Membuat Cake dan Solusinya

Cake tidak mengembang dengan sempurna

Disebabkan oleh takran bahan yang tidak sesuai, suhu oven yang tidak sesuai (terlalu tinggi atau rendah)
Ukur bahan sesuai takaran dalam resep, siapkan peralatan khusus dan baca rincian proses dengan teliti. Siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum Anda benar-benar meramu adonan.

Bahan campuran mengendap di dasar cake

Buah atau kacang biasanya ditambahkan dalam cake, jika berlebihan maka masanya akan menyebabkan penuruanan bahan tersebut.
Tambahkan buah kering dan kacang dalam jumlah tidak terlalu banyak, jangan aduk adonan terlalu sering sebelum dipanggang.

Permukaan cake retak

Suhu oven yang terlalu tinggi dan penambahan tepung terigu yang terlalu banyak sekaligus dalam adonan akan membuat adonan telur dan gula tidak kuat menahan tepung.
Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula. Selain itu pastikan suhu oven sesuai dengan resep.

Rasa cake kurang mantap

Bahan sangat berpengaruh pada hasil akhir, pastikan menggunakan bahan yang masih segar dan belum kadaluarsa.penggunaan margarin yang sudah lama misalnya, dapat menimbulkan aroma tengik pada cake.

Cake terlalu banyak menempel di loyang

Adonan yang terlalu encer dan olesan margarin/mentega yang terlalu banyak pada loyang. Ukuran adonan mentah harus mengisi 2/3 ukuran loyang. Sebaiknya mengoleskan margarin/mentega sedikit saja kemudian ditambahkan kertas roti. Jika cake telah matang, biarkan uap panasnya menghilang dan bentuknya kokoh baru diangkat dari loyang.

Tekstur cake yang tidak bagus

Kulit luar yang lengket dan mengkilap biasanya disebabkan oleh penambahan gula yang terlalu banyak. Sementara bnetuk cake yang tidak kokoh dan bertekstur kasar karena terburu-buru memasukkan terigu dan pengadukan yang salah
Pastikan takaran bahan sesuai dengan resep dan proses yang dilakukan tidak terlalu buru-buru maupun terlalu

Perlunya persiapan dalam membuat cake

1.Atur suhu oven sekitar 20 menit sebelum adonan dipanggang. Intinya sebelum Anda mulai mengadon, pastikan oven sudah sipanaskan.
2.Pastikan semua alat yang digunakan bersih terutama dari bahan berlemak seperti minyak dan margarin.
3.Mengukur bahan menggunakan timbangan lebih baik dibnaingkan mengguanakan alat seperti cangkir atau gelas
4.Olesi loyang yang akan digunakan dengan margarin/mentega dan taburi dengan tepung atau diberi alsa kertas roti.

No comments:

Post a Comment

any comment?