Tuesday, July 9, 2013

Menyambut Ramadhan 2013

Bulan Ramadhan segera tiba. Setelah kemarin digelar sidang isbat, ditetapkan 1 Ramadhan tahun ini jatuh pada 10 Juli. Buat temen-temen yang sudah mulai puasa hari ini, semoga dikuatkan. Yang ikut keputusan pemerintah mulai esok hari, selamat menjelang puasa juga. Buat seluruh kaum muslim di seluruh dunia, selamat beribadah di bulan Ramadhan. Semoga amal ibadah diterima oleh Allah.

Menjelang bulan Ramadhan , umat muslim biasanya sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Kalo aku dan teman-teman udah siap mi instan buat persediaan kalau bangun sahurnya udah mepet waktu imsak. Teman-teman mungkin juga sedang cucurakan (makan-makan) sebelum puasa. Biasanya kan puas-puasin makan bareng temen atau keluarga sebelum puasa. Salah satu hal yang banyak juga dilakukan menjelang Ramadhan adalah mandi besar, aku mau bahas masalah ini aja ya.

Puasa mulai kapan sih, aku belum mandi wajib nih. Pernyataan-pernyataan seperti ini biasa banget kita denger menjelang puasa. Mandi menjelang Ramadhan atau yang biasa disebut padusan memang sudah menjadi tradisi bagi umat muslim di Indonesia.

Emang musti mandi wajib yah?
Kalau ngomongin hukumnya, kayakya sih nggak ada.

Terus musti mandi wajib nggak?
Kalo yang namanya mandi wajib ya berarti musti, tapi kalo menjelang puasa mungkin namanya bukan mandi wajib kali ya. Sebut aja mandi besar, pake acara keramas gitu kan maksudnya. Sebenarnya mandi menjelang bulan Ramadhan itu tidak ada dalam AlQuran atau Hadist. Ini hanya ritual yang diadopsi dari budaya Hindu.

Hindu? Waduh dosa nggak tuh?
Filosofi dari mandi besar adalah membersihkan diri. Namanya mau masuk bulan suci gitu ya, kayaknya emang musti mempersiapkan diri. Yang namanya mandi besar kan juga ada dalam ajaran Islam untuk menghilangkan hadas besar. Walaupun tidak sedang berhadas besar, boleh juga kan untuk mandi besar. Ambil sisi positifnya aja, kalau ternyata dalam keadaan berhadas nah bisa bersih.

Banyak yang bilang padusan tuh haram, gimana tuh?
Meskipun diambil dari tradisi Hindu, aku bilang tradisi ini baik juga untuk dilaksanakan. Yang jadi masalah adalah bagaimana melaksanakannya. Banyak masyarakat yang mengunjungi seperti tempat pemandian umum atau kolam renang untuk padusan. Nah ini yang nggak boleh dan bikin haram. Niatnya akan ingin membersihkan diri, nggak cuma badan doank tapi juga hati dan pikiran. Kalo mandinya ke kolam renang, cowok cewek nyampur dll, gimana mau bersih. Yang ada udah dosa duluan dunk.

Terus gimana dunk?
Buat yang pengen mandi besar, mandi aja di kamar mandi di rumah. Keramasan kayak mandi wajib abis hadas besar aja. Abis itu boleh deh cucurakan bareng temen atau keluarga. Ritual begituan nggak perlu berlebihan lah, asal syarat aja. Hehehe

Tulisan ini merupakan pendapat dan pemahaman aku aja ya. Yah setuju ya tinggal dilaksanakan, yang tidak setuju juga nggak masalah. Yang namanya ibadah juga macem-macem soalnya. Yang pasti buat bulan Ramadhan ini aku mengucapkan selamat berpuasa. Siapkan fisik dan mentalnya. Setting alarm buat bangun sahur. Yang mungkin ada maag, jangan lupa sedian obat. Buka puasa jangan kebanyakan makan.

Jangan lupa siapkan mukena buat sholat tarawih dan AlQuran buat tadarusan. Kalo bisa sih ke masjid atau mushola biar suasana Ramadhannya makin terasa. Tapi jangan masuk golongan awal dan akhir doank yah, itu loh hukum masjid yang shaf shalatnya selalu maju.

Jangan lupa juga buat zakat fitrah. Ini aku sering kelupaan sampai udah mepet mau Idul Fitri.

Selamat berpuasa semuanya ^^,