Wednesday, October 21, 2009

Mahasiswa atau ……..?

Mahasiswa memang sibuk dengan kuliah dan tugas. Harus cari-cari literatur untuk mendapat keterangan yang benar agar diperoleh ketelitian dan ketepatan dalam membuat makalah atau laporan. Sekarang tidak perlu memikirkan ketelitian atau ketepatan, coba ukur seberapa seriuskah kita sebagai mahasiswa.

1. Jam 08.00 ada kuliah , kapan sampai kelas?
a. Berangkat jam 07.00 dari kos atau asrama. Sampai kelas pasti belum ada yang datang. Waktunya bisa dipakai untuk belajar dan baca-baca materi dulu.
b. Jam 08.00 teng sampai di kelas. Dosen juga pasti baru datang.
c. Berangkat jam 08.00 saja. Telat juga tidak kena marah.

Monday, October 19, 2009

Lonely Ramadhan

Tak terasa telah memasuki bulan ramadhan tahun ini. Buat saya, ini adalah ramadhan ketiga saya di kampus.

Hari pertama puasa mungkin belum banyak orang dalam hal ini mahasiswa yang berada di kampus. Maklum masih dalam rangka liburan. Andai rumah saya mungkin di sekitar jabodetabek, mungkin saya juga akan memutuskan untuk menjalankan puasa hari petama di rumah.

Dengan suasana sekitar kampus yang masih sepi, saya pikir mushola di dekat kosan saya tidak akan terlalu penuh. Saya memang memutuskan untuk tidak sholat tarawih berjamaah di hari pertama karena saya tahu akan penuh. Teman kosan saya yang baru berangkat ke mushola juga balik ke kosan untuk mengambil koran dengan alasan mushola overload. Saya makin tidak berniat untuk ke mushola.

Yang paling mencengangkan untuk saya adalah suasana di sekitar kosan saya saat sholat tarawih. Sepi bukan main. Toko banyak yang tutup. bisa dibilang yang buka dapat dihitung dengan jari tangan. Bahkan penjaga minimarket pun malah keluar dan main-main di tempat tukang jualan bubur ayam karena tidak ada pelanggan.

Saya pikir inilah efek bulan ramadhan. Semua orang berbondong-bondong untuk mencari pahala. Berkiblat untuk mencari ridho Allah. Dan sejenak melupakan kepentingan duniawi mereka.

Monday, October 12, 2009

Janji Saya pada Senior (entah sapa dia)

Saat menjadi panitia HACCP VII yang diselenggarakan oleh himitepa bulan agustus lalu, kebetulan saya disuruh untuk fotokopi form factory trip. Dengan masih pakai jaket almamater, saya pergi ke tempat fotokopian di bara tepatnya KCC. Sambil menunggu ada cowok yang bertanya2 pada saya. Saya pikir mungkin anak iseng. Usut punya usut ternyata dia senior saya tepatnya 3 tahun diatas saya (dan beda jurusan jadi saya tidak tahu). Gara2 jaket almamater yang iseng saya pake mungkin dia berpikir saya ini akyifis. Wkwkwk, salah besar sangat sekali. Dia menanyakan label BHMN yang tertera di jaket almamater. Saya hanya tahu sedikit (bahkan mungkin bisa dikatakan tidak tahu sama sekali tentang BHMN). Usut lebih dalam, dia ternyata aktifis. Haduh, grogi saya. dan akhirnya saya menjanjikan lain waktu untuk menjawab pertanyaannya. Namun sampai sekarang saya belum bertemu lagi dengannya. yah mungkin saja dia sudah lulus (karena saya tahu dia sudah lewat masa kuliah, dasar mahasiswa abadi) dan ikut wisuda besok (amin, aku doain ni mas). Tapi saya masih merasa berhutang untuk sebuah pertanyaan BHMN itu.

Saya baru aja buka2 untuk mencari BHMN tapi mungkin harus merangkum dulu. Takutnya nggak bener kan bisa2 saya salah lagi. Jadi buat senior saya entah sapa itu, tunggu bentar yah mas. Hehehe,

Thursday, August 20, 2009

Sahabatku, Dian

Februari 2007

Aku masih menikmati statusku sabagai pelajar SMA. Aku masih inget banget, kelas XII pelajaran renang di Taman Gladiool musti lompat dari atas. Bujug, pengalaman seru cuy. Setelah balik lagi ke sekolah, sahabatku Dian merasa kurang enak badan dan akhirnya ijin untuk pulang. Setelah hari itu dian sudah tidak lagi ke sekolah. Sampai sekarang aku juga tidak tahu apa penyakit yang tiba2 dideritanya. Rumah sakit dan pengobatan tradisional sudah ia coba, tapi hasil kurang menggembirakan.

Setiap pagi, Dian meneleponku hanya untuk memberi kabar tentang penyakitnya dan kirim salam untuk temen2 XII IA 4. Memberikan semangat untuk terus berjuang menghadapi ujian nasional yang semakin dekat. Dian menyerah untuk melanjutkan sekolahnya tahun depan. Dan aku terus mendukungnya untuk terus bersemangat atas penyakit yang sedang menggerogoti tubuhnya.

Selama Dian sakit, aku hanya sekali bertemu dengannya. Seminggu menjelang ujian aku baru sempat ke rumahnya. Itu kesalahan yang tak termaafkan yang dilakukan oleh seorang sahabat. Atau mungkin aku sama sekali tidak pantas menyebut diriku sebagai sahabatnya. Alasan aku cedera dan tidak bisa jalan, hah alasan apa itu. tapi toh Dian masih selalu saja meneleponku. Menyemangatiku atas cedera yang aku alami. Menyemangati atas ujian nasional yang semakin dekat.

29 April 2007

Sebuah boneka mashimaro putih dibungkus kardus dan kertas kado garis. Tiba2 sebuah persembahan mungil dari dian, ya tuhan. Dia masih sempat memberiku kado ketika tubuhnya bahkan hanya bisa terbaring lemah dirumahnya. Kurang baik apa dia terhadapku. Masih mengingatku dalam kesakitannya.

9 Mei 2007

Aku baru saja sampai dirumah. Dan kabar itu menjadi shocking paling dahsyat yang pernah ada. Tuhan memanggilnya. Mungkin sudah saatnya. Dian telah dipilih untuk menemani tuhan saat itu.
Dan tahukah dimana aku saat itu? Handphone-ku mati sehingga jarkom dari teman2 sekelas tidak ada yang aku baca. Dan aku baru mengetahuinya menjelang sore. Dan aku tidak bisa memutuskan untuk datang ke rumahnya saat itu juga.
Sahabat seperti apa aku ini? Huft. Aku masih ingin menyalahkan diri untuk hal itu. Maafkan aku Dian. Maafkan atas kesalahanku. Atas kebodohanku.

20 Agustus 2009, hari ini

Selamat ulang tahun Dian. Semoga kau selalu bahagia disisi tuhan. Doa dan harapan selalu terucap untukmu, sahabatku.

Saturday, August 1, 2009

Referensi Hati

Ku cari di sudut-sudut kota
Ku lalui jalan-jalan yang panjang
Ku tanya orang-orang yang datang
Tak jua ku temukan jawaban
Benarkah ini rasa sayang
Bukanlah sekedar taruhan

Ku balik-balik referensi
Melompat di sisi-sisi hati
Mengikut detak jalur nadi
Tak tahu apa yang terjadi
Aku bingung bagaimana berdiri
Aku takut ia lari

(sri @021107)

Sunday, May 17, 2009

Prolog

Aku sudah lupa sejak kapan aku bikin blog ini, tapi sepertinya tidak pernah ada post yang diupload. Semua yang aku tulis hanya membuat penuh memori flashdisk. Harus bagaimana ya? Baiklah, lets begin to write...