Friday, May 25, 2012

Espresso

Espresso berasal dari bahasa Italia untuk kopi. Espresso adalah kopi pekat yang memiliki konsentrasi dan rasa kopi yang kuat. Kopi murni ini disajikan tanpa campuran apapun dalam wadah kecil yang disebut shot. Satu gelas shot setara dengan 44 ml cairan. Komponen utama dari espresso adalah crema, yakni busa keemasan yang mengambang di permukaan kopi. Didalamnya terkandung minyak, protein dan gula. Shot espresso merupakan bahan dasar untuk penyajian kopi yang lain.


Untuk membuat espresso digunakan mesin brewing khusus. Biji kopi dimasak dalam mesin dengan air bertekanan sangat tinggi. Ekstrak kopi akan turut keluar bersama air dari lubang kecil pada bagian bawah mesin. Seluruh ampas kopi yang tertahan dalam mesin harus dibuang dan diganti yang baru untuk memasakan selanjutnya. Mesin brewing ini ditemukan oleh Luigi Bezzera dari Italia pada tahun 1901. Di Italia espresso dinikmati dalam takaran kecil setelah makan siang atau malam.

a. Lettecino, memiliki kandungan susu dua kali dari espressonya dan kadang ditambahkan pula dengan susu berbusa.

b. Ristretto merupakan espresso kental dimana jumlah konsentra kopinya jauh lebih tinggi dibandingkan espresso yang biasa. Pembuatannya dilakukan dnegan mencampurkan 1 ons kopi dengan ekstrak air kopi tersebut dalam satu cangkir berukuran kecil.

c. Cafe Romano, merupakan espresso yang disajikan dengan tambahan lemon

d. Fredo, espresso yang ditambahkan es saja

e. Machiato, espresso yang ditambahkan sedikit susu. Susu tersebut tidak diaduk bersama dnegan espresso melainkan diendapkan di bagian atas espressod sehingga terkesan melapisi permukaan espresso. Jumlah susu yang ditambahkan ini relatif sangat sedikit.

f. Long Black, terkenal di Australia sebagai espresso encer.yang dibuat dengan menuangkan espresso diatas air panas. Penambahan air panas terlebih dahulu dari pada espresso ini dimaksudkan untuk melindungi crema sehingga rasa dan aromanya tidak rusak. Hidangan ini banyak menggunakan kopi dari Etiopia dan Sumatra.

g. Cafe Americano berkebalikan dari long black dimana espresso diletakkan terlebih dahulu baru kemudian ditambahkan air pana.

h. Correto adalah espresso yang ditambahkan campuran Brandy, Cognag atau minuman keras yang lain.

i. Con Panna adalah espresso yang ditambahakn krim di bagian atasnya

No comments:

Post a Comment

any comment?