Friday, May 25, 2012

Mochachino

Mocha memiliki komposisi yang sama dengan caffe latte dengan ditambhakan satu shot coklat. Resep ini ditemukan di Amerika, mocha jarang ditemui di Italia dan negara Eropa lainnya. Beberapa daerah di Eropa menggunakan istilah Moccacino yang berarti Caffee Latte dicampur coklat. Nama Mocha sendiri sebenarnya adalah sebuah nama varietas kopi dari daerah Mocha, Yaman. Meskipun dibuat tanpa campuran coklat, tapi kopi mocha asli Yaman seperti ada rasa coklat didalamnya.


Sebagian orang menyebut moka sebagai kopi coklat. Coklat yang dicampurkan dalam kopi ini memang banyak jenisnya. Beberapa moka menggunakan coklat yang mengandung coklat sirup, ada pula yang menggunakan coklat bubuk. Coklat yang digunakan dapat berupa coklat putih atau coklat hitam.

a. Flat White
Tipe kopi yang berasal dari Australia dan New Zealand. Disajikan dengan ditambahkan steamed milk / susu dari bagian bawah pitcher ke single atau double shot Espresso. Minuman ini agak mirip dengan latte.

b. Liquer coffee
Kopi yang ditambahkan sekitar 25ml liquor, disajikan di gelas / cup khusus liqueur coffee yang bening, dengan kopi dan bahan tambahan dipisahkan agar terlihat lebih enak. Liquor dicampurkan dengan gula dan dituangkan dahulu sebelum kopi (filter). Whipped cream / krim ditambahkan di atasnya.

Macam-macam liquer coffee: Baileys Irish Cream Coffee, Brandy Coffee (Kopi dengan brandy), Caffe Corretto (Espresso shot dengan shot Brandy, Grappa, atau Sambuca), Calypso Coffee (Kopi dengan Tia Maria atau Kahlua, dan Rum), English Coffee (Kopi dengan Gin), Irish Coffee (Kopi dengan whiskey), Irish Coffee klasik terdiri dari hot coffee yang dicampur dengan Irish whiskey, gula, dan double cream yang mengambang diatasnya. Dari beberapa kedai kopi yang pernah saya kunjungi, Irish whiskey biasanya diganti dengan Kahlua. Harga Irish Coffee cukup mahal, sekitar 30ribu keatas., Russian Coffee (Kopi dengan Vodka), Seville Coffee (Kopi dengan Contreau)

No comments:

Post a Comment

any comment?