Saturday, August 11, 2012

Galau, Sesi Mudik

Yah, saya galau sekarang. Kangen ortu tentu aja, tapi lebih ke nggak tega membiarkan ortu berdua di rumah. Lebaran, saya yakin kampung saya akan sangat ramai. Dan saya tak tahu bagaimana orang tua saya akan menjelaskan ke tetangga jika saya tidak pulang.

Namun saya sendiri dag-dig-dug dengan kepulangan saya kali ini. Alasannya karena tahun ini seperti tahun yang vakum dalam hidup saya. Tidak bergerak, atau bahkan mundur. Ah saya bingung bagaimana menjelaskan, cukup saya yang merasakan. Bingung harus berkata apa ke kerabat semua, terutama orang tua saya.

Thursday, August 2, 2012

Ditinggal Mudik, Amankan Kosan.

Hai temen-temen semua. Udah bulan Ramadhan aja, udah tanggal belasan pula (waktu ngetik postingan ini). Wuih kampus udah sepi nih, maklum udah lama liburan. Meskipun sedikit telat mungkin buat teman-teman yang udah pada di kampung halaman (lagi bikin kue lebaran kayaknya ya), hmmm sedikit berbagi pengalaman tahun lalu aja.

Sedikit cerita ya, tahun lalu tepatnya sekitar Ramadhan dan lebaran. Tau dunk kalo pas Ramadhan tuh banyak banget maling berkeliaran. Yah nggak pengen berburuk sangka tapi sepertinya memang Ramadhan jadi momentum para maling buat operasi. Ramadhan tahun lalu, kamar kosan aku jadi korban. Kamarku terpisah dari rumah besar, jadi sendirian gitu. Nah malem itu aku nginep di kosan besar. Tahu-tahu malemnya ada satpam aka tukang ronda yang ngasih kabar pintu kamarku terbuka. Yah masih rejeki, laptop dan handphone aku bawa (buat nonton running man). Langsung ngacir  karena di kamar aku ninggalin uang penelitian. Alhamdulillah pencurinya belum sempet beroperasi jadinya masih aman. Nah alasan itu akhirnya aku pindah ke dalam, kosan yang besar.

Bulan Syawal, yah hampir semua anak kampus pada pulang termasuk aku. Hari ketiga kebetulan udah ada kakak kosan yang udah balik ke Bogor, maklum beliau sudah kerja jadi musti ngejar waktu masuk. Masyaallah, di mendapati kosan dalam kondisi porak poranda (sayang nggak ada foto). Pintu-pintu kebuka (pintu kosan dan kamar-kamar), berantakan deh pokoknya. Dan beberapa waktu kemudian diketahui bahwa beberapa barang ilang, kayak modem, hape, uang. Yang kecil-kecil gitu, tapi tivi nggak dibawa (waktu itu diamankan pak RT).

Sedikit berkaca dari tahun lalu, kenapa hampir semua pintu kamar bisa terbuka? Dimungkinkan karena memang kunci serep kosan ada di ruang tengah. Dan kenapa pencuri masih bisa mengambil barang-barang kecil-kecil, karena penghuni kosan tidak membawa pulang barang-barang yang bersangkutan. Resep aman buat ninggalin kosan pas mudik nih, buat pribadi dan sebagai penghuni kosan.