Sunday, February 21, 2010

Mikroba yang Umum Dijumpai di Laboratorium dan pada Manusia

Mikroorganisme adalah makhluk hidup kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Mikroorganisme terdapat di berbagai tempat; di tanah, perairan, udara bahkan di permukaan dan di dalam tubuh makhluk hidup. Yang termasuk dalam mikroorganisme adalah virus, bakteri, sebagian jamur, sebagian ganggang dan protozoa.
Mikroorganisme dapat dibiakkan dengan menempatakannya pada medium pembiakan. Ada beberapa jenis medium pembiakan.
Potato Dextrose Agar (PDA) adalah media yang terbuat dari kentang dan gula jagung. PDA biasa digunakan untuk menumbuhkan fungi dan bakteri yang menyerang tumbuhan. Beberapa mikroorganisme yang biasa dibiakkan dalam PDA yaitu endawan Candida albicans dan Saccharomyces serevisiae dan kapang seperti Aspergilus niger.
Medium lain yang biasa digunakan missal Nutrient Agar (NA). Gar ini memiliki permukaan padat yang biasa digunakan dalam pembiakan bakteri dan fungi di seluruh dunia. Hampir 70% mikroba berhasil dibiakkan dalam nutrient agar. Tersedia juga NA yang spesifik yang diperuntukkan bagi mikroba dengan kondisi lingkunagan tertentu. Kekentalan agar dapat diatur sehingga motilitas dan mobilitas mikroba dapat diketahui.
Trypticase Soy Agar (TSA) juga merupakan media pembiakan mikroba yang menyediakan enzim dari kasein dan sari kedelai. Mengandung asam amino dan nitrogen yang membuat TSA menjadi media yang bernutrisi tinggi untuk pembiakan berbagai mikroorganisme dengan sumber enrgi dextrose atau gula jagung.
Oleh Sri Mulyani (23 Januari 2010)
Pustaka
Anonim. 2000. Sabouraud’s Dextrose Agar. http://wikipedia.com (8 September 2008)
. 2000. Potato Dextrose Agar. http://wikipedia.com (8 September 2008)
. 2000. Trypticase Soy Agar. http://wikipedia.com (8 September 2008)

No comments:

Post a Comment

any comment?